4 Ttips Dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

iklan 336x280 atas
336x280 tengah
300x600

Banyak orang yang mendambakan desain ruang tamu minimalis yang maksimal namun tetap terasa nyaman. Dan mungkin Anda adalah salah satunya.

Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, maka desain rumah harus Anda perhatikan dengan seksama dan dirancang semaksimal mungkin. Beberapa arsitek dulunya sering membuat ruang tamu dan ruang keluarga berada di area terpisah, karena membagi area publik untuk tamu dan area privat untuk keluarga berkumpul. 

Akan tetapi sejalannya waktu, tren rumah minimalis saat ini menjadikan ruang tamu dan ruang keluarga dalam satu ruang. Mengapa? Karena kini meeting atau pertemuan banyak dilakukan di luar rumah, seperti mall, cafe, atau restoran. Sedangkan, kerabat dan keluarga dekat akan langsung berkumpul di ruang keluarga. 

Dan pada akhirnya ruang tamu hanya menjadi area kosong yang jarang tersentuh. Untuk itu ruang tamu minimalis harus menyediakan area yang cukup untuk berkumpul, menonton TV, serta bersantai dengan nyamannya.

Berikut ini 4 tips dan inspirasi desain ruang tamu minimalis Mulai dari bagaimana mengatur tampilan ruang tamu minimalis dan juga beberapa materi pelengkapnya.

Ruang tamu dengan jendela berukuran besar

Dengan memasang jendela besar yang membentang tinggi pada ruang tamu minimalis bisa memberikan kualitas cahaya dan udara yang terbaik jika berada di sisi timur – selatan. Dengan adanya sinar matahari pagi yang masuk bisa membawa suasana hangat ke dalam ruangan. Cahaya matahari di tengah hari menjadi penerangan alami sementara sejuknya angin yang bertiup terasa di sore hari. Pemandangan taman hijau juga memberikan kesegaran yang dapat dinikmati dari dalam sebuah rumah.

Memasang Ceiling fan sebagai solusi yang optimal untuk ruang tamu

Penggunakan AC sebagai penyejuk ruangan sudah menjadi hal yang umum, namun penggunaan yang terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan, terutama membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, penggunaan kipas angin merupakan perangkat penyejuk alternatif dengan konsumsi listrik relatif kecil dibandingkan AC, walaupun tidak dapat difungsikan untuk menurunkan suhu ruangan.

Satu hal sebagai tambahan, jangan lupa untuk memilih warna dan desain ceiling fan yang senada dengan desain interior ruang tamu minimalis Anda, agar terlihat padu.

Warna putih dan terang membuat kesan luas


Pemilihan warna terang cenderung memberi kesan luas pada ruangan, karena sifatnya yang memantulkan cahaya. Warna cat dinding ruang tamu minimalis, furniture, dan curtain berwarna putih dan natural seperti ini sangat cocok untuk desain ruang tamu berukuran kecil.

Untuk mengoptimalkan ruang tamu akan terkesan luas, Anda juga bisa meletakkan cermin di dinding. Karena peletakkan cermin di dinding juga memiliki system yang sama dengan pemberian warna putih pada dinding ruang tamu minimalis.

Furnitur multifungsi di ruang tamu minimalis

Secara prinsip, penggunaan furniture pada rumah minimalis adalah menyesuaikan antara fungsi furniture dengan kebutuhan akan furniture itu sendiri. Usahakan untuk meletakkan furniture hanya yang Anda butuhkan saja agar ruang tamu tidak terlalu penuh. 

Dan akan lebih baik lagi jika Anda bisa memiliki furnitur multifungsi, misalkan coffee table yang berfungsi ganda sebagai tempat penyimpanan.

336x280

Posting Komentar

0 Komentar